[et_pb_section admin_label=”section”]
[et_pb_row admin_label=”row”]
[et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text”]Biaya untuk merenovasi/mendesain rumah kadangkala bisa lebih mahal daripada saat membangunnya, dikarenakan harga material yang kemungkinan sudah mengalami kenaikan secara signifikan. Oleh karenanya, untuk Anda yang ingin merenovasi rumah, sangat penting untuk memperhitungkan kebutuhan, bagian mana saja yang ingin direnovasi agar nampak lebih baik.

Kemudian, jika ingin merenovasi rumah, disarankan untuk bekerjasama dengan jasa arsitek rumah, ada kok jasa arsitek rumah murah di sekitar kita. Meski murah bukan berarti murahan, dengan kata lain harganya sebanding dengan model renovasi yang Anda inginkan.

Jasa Kontraktor bisa membantu Anda melihat dengan lebih jeli bagian mana yang butuh direnovasi dan berapa estimasi biaya yang diperlukan. Di samping itu, hasil kerja jasa arsitek di kemudian hari bisa tahan lama dan Anda tidak perlu merenovasi rumah secara berulang-ulang.

Dalam rangka merenovasi rumah, tak ada salahnya jika menggunakan jasa kontraktor. Carilah arsitek atau kontraktor yang sudah berpengalaman dan profesional untuk hasil terbaik.

Tips berhemat saat ingin merenovasi/mendesain sebuah rumah

Untuk menghindarkan diri dari pengeluaran yang berlebihan, ada baiknya untuk membuat perencanaan yang matang meski itu hanya untuk merenovasi rumah.

  1. Buat Perencanaan

Seperti saat membangun rumah, saat merenovasi rumah pun membutuhkan perencaan awal yang matang baru kemudian menghubungi orang-orang yang bisa membantu dan juga membeli material yang dibutuhkan.

Rencana berfungsi sebagai pengendali selama pengerjaan yang sering terjadi penyimpangan karena tiba-tiba kita menginginkan hal baru. Oleh karenanya, konsep renovasi pun dipastikan sudah fix sebelum memulai pembongkaran untuk direnovasi. Sebab, jika melenceng atau terlalu sering mengubah konsep dari rencana yang sudah ditentukan di awal, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan. Termasuk juga managemen waktu, sangat penting untuk mengerjakan proyek tepat waktu sesuai jadwal, jam karet akan menyebbakan bertambahnya pengeluaran juga.

2. Gunakan Desain Tipe Minimalis

Mendesain rumah dengan gaya minimalis masih menjadi trend yang baik di tahun 2017, karena desain rumah minimalis nampak modern dan terkesan mewah. Rumah dengan tipe menimalis dikembangkan oleh kontraktor perumahan sejak lama. Desain rumah ini banyak dipilih karena dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan sehingga lebih murah darisegi material. Rumah bertipe desain minimalis ini tidak menghabiskan banyak lahan dan tidak banyak ruangan, sehingga tidak banyak menghabiskan bahan bangunan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda merenovasi rumah dengan desian minimalis.

3. Tentukan Bentuk Bangunan

Agar sukses merenovasi rumah, karenanya Anda butuh menentukan bentuk bangunan sebelum membongkarnya. Adakah bagian-bagian yang ingin dipertahankan dan adakah perabotan yang masih ingin digunakan. Bentuk bangunan akan berpengaruh pada tingkat kesulitan Anda merenovasi rumah, sekalipun sudah berhubungan dengan jasa arsitek rumah, Anda tetap perlu yakin terlebih dahulu, bentuk rumah seperti apa yang Anda inginkan, sebab meski hanya proyek perombakan tentu saja membutuhkan lebih banyak waktu dan juga biaya.

4. Riset Harga Bahan Bangunan

Sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan jasa arsitek rumah murah saat ingin merenovasi rumah, survei saja dulu harga bahan bangunan. Mensurvai harga penting dilakukan untuk mengetahui apakah dana yang Anda miliki cukup untuk melakukan renovasi penuh pada rumah Anda sesuai dengan impian Anda. Tidak sedikit orang menunda merenovasi rumah karena dana tidak cukup untuk membeli bahan bangunan. Oleh karenanya, agar kebutuhan renovasi rumah tidak tertunda, kantongi dulu harga-harga tiap bahan, kemudian tentukan bagian mana saja yang bisa direnovasi dengan sejumlah dana tersebut. Dengan mengetahui harga-harga material bahan bangunan, Anda bisa membandingkan, dan menemukan material yang sesuai dengan keinginan tapi juga sesuai dengan budget Anda.

5. Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Kalau Anda sangat ingin menghemat biaya, Anda bisa memanfaatkan bahan bangunan lokal seperti kayu, bambu, dan lainnya. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan tersebut juga lebih murah.

6. Selektif Memilih Jasa Arsitek

Merenovasi rumah sendiri dengan jasa arsitek bukan berarti Anda harus memilih siapa saja yang penting bisa melakukannya. Anda tetap harus selektif agar tidak menyesal dengan hasilnya nanti. Mengingat arsitek sangat penting dalam mengolah desain dan bahan yang sudah Anda sediakan demi rumah baru Anda. Perannya sangat besar untuk kesuksesan proyek renovasi rumah Anda, jadi pilihlah jasa arsitek yang sudah memiliki pengalaman. Untuk keamanan bisa juga ditambah dengan pengunaaan cctv yang dapat meningkatkan rasa aman anda, dan juga bisa memantau secara keseluruhan rumah anda.[/et_pb_text][/et_pb_column]
[/et_pb_row]
[/et_pb_section]